Saturday, January 26, 2019

Resep Klepon Tepung Beras

Keluarga yang bahagia, harmonis dan sehat adalah dambaan semua orang. Salah satu kebutuhan pokok dalam hidup adalah makan. Iya, dengan kenyataan ini memang anda harus kreatif dalam menyuguhkan aneka hidangan lezat untuk keluarga anda dirumah. Ada makanan pokok ada juga makanan yang sifatnya sekedar makanan ringan dan camilan. Nah, dari sekian banyak camilan yang ada, mungkin anda tertarik dengan klepon. Untuk dapat menikmati kelezatan klepon, anda bisa membuatnya sendiri kok dengan mempraktekkan resep klepon tepung beras. Mudah lho, pasti anda penasaran kan?

Camilan tidak selalu mengenyangkan karena sifatnya yang memang hanya lebih condong ke yang ringan-ringan saja. Namun, ada juga jenis camilan yang bisa dibilang cukup mengenyangkan, salah satu contohnya adalah lemper ayam beras ketan yang pernah saya berikan di kesempatan sebelumnya. Jika anda penasaran ingin coba, silahkan saja dilihat resepnya. Pasti anda dan keluarga juga akan menyukainya karena memang enak banget kok.

klepon tepung beras


Jika anda belum pernah coba membat klepon sendiri, kali ini anda bisa mempraktekkannya dirumah. Saya memang ingin membagikan resep klepon tepung beras yang paling enak di postingan ini. Dengan harga bahan-bahannya yang cukup terjangkau dan mudah dalam proses pembuatannya, maka tidak heran bila banyak yang mencari resepnya dan mencobanya sendiri didapur kesayangan. Bentuk klepon yang bulat, membuat tampilannya lucu dan pasti anak anda akan menyukainya. Memang, jika anda terbiasa memasak dan membuat makanan dan camilan sendiri, maka anda pasti jadi malas bila harus beli jadi. Memakan makanan hasil karya sendiri jauh lebih memuaskan dan tentu saja lebih aman dan sehat.

Oke, langsung saja ya bagi anda yang sudah tidak sabar ingin tahu seperti apa resep klepon tepung beras, ini dia resep lengkapnya untuk anda!

Bahan-bahan
  • 1/2 butir kelapa setengah tua, parut memanjang
  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr gula merah
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 250 ml air daun suji yang dihasilkan dari 15 lembar daun suji, 5 lembar daun pandan, dan 300 ml air
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat klepon tepung beras

  1. Silahkan dikukus dulu kelapa dan garam nya sekitar 15 menitan. Jika sudah, langsung angkat dan disihkan dulu ya
  2. Setelah itu, aduk tepung beras, air kapur sirih, air daun suji, 1/4 sendok teh garam. Silahkan adonannya diuleni sampai jadi kalis dan tidak lengket di tangan
  3. Jika adonan sudah siap, silahkan ambil adonan sedikit dan isi dengan irisan gula merah kemudian dibulatkan lagi
  4. Rebuslah air sebanyak 1 liter sampai mendidih
  5. Jika air sudah mendidih, langsung saja adonan bulatan kleponnya dimasukkan kedalamnya
  6. Rebus klepon sampai terapung dan matang
  7. Jika klepon sudah matang, langsung saja diangkat dan ditiriskan
  8. Gulingkan klepon diatas kelapa kukus sampai benar-benar merata
  9. Klepon yang enak sudah siap disajikan

Begitulah kemudahan resep klepon tepung beras yang sekarang bisa langsung anda coba sendiri dirumah. Anda pasti bisa kok dan hasilnya pasti enak. Selamat mencoba ya, happy cooking!!

An ordinary girl yang suka masak dan seneng berbagi resep masakan dan makanan enak