Tuesday, February 19, 2019

Resep Brownies Chocolatos Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven

Aneka macam kue lezat bisa anda pilih sebagai sajian sedap cemilan atau kudapan sehari-hari unuk keluarga anda dirumah. Anda bisa mencoba resep brownies chocolatos kukus sederhana tanpa mixer dan oven untuk anda praktekkan di dapur anda dirumah. Membuat makanan sendiri terasa lebih menyenangkan daripada membeli. Selain itu, anda juga bisa menjaga kualitas makanan yang anda buat, lebih bersih dan tentu saja lebih sehat karena semua anda kontrol sendiri.

Brownies sendiri, ada yang dipanggang namun ada pula yang dikukus. Biasanya, tekstur brownies yang dipanggang cenderung lebih kering dan terasa lebih seret di tenggorokan saat dimakan. Sedangkan brownies kukus, biasanya cenderung lebih lembut, lebih basah dan tidak terlalu terasa seret saat di tenggorokan. Mau pilih mana, sesuaikan selera anda saja. Untuk resep brownies chocolatos kukus, akan saya berikan ulasan apa saja bahan dan bagaimana proses pembuataanya pada postingan ini.

Untuk anda yang sudah tidak sabar ingin praktek langsung mencoba resep brownies chocolatos kukus sederhana tanpa mixer dan oven, ini dia resep lengkapnya untuk anda!

brownies chocolatos kukus

Bahan-bahan

  • Susu kental manis coklat 2 sachet
  • Tepung terigu 7 sdm
  • Gula pasir 6 sdm
  • Air hangat 6 sdm
  • Chocolatos minuman serbuk rasa coklat 3 sachet. Dapat anda ganti menggunakn bahan lain seperti susu bubuk Milo atau coklat bubuk
  • Telur 2 butir
  • Baking soda 1 sdm
  • Minyak goreng 6 sdm

Cara membuat brownies chocolatos kukus

  1. Pertama silahkan siapkan sebuah wadah lalu masukkan telur dan gula pasir kedalam wadah tersebut. Kocok dulu telurnya bersama dengan gula pasir. Alat untuk mengocoknya, gunakan saja whisk atau bisa juga pakai alternatif lain seperti garpu. Kocok sampai berbuih. Sisihkan
  2. Siapkan sebuah wadah lain, masukkan baking soda, serbuk chocolatos, susu kental manis dan tepung terigu. Campurkan semua bahan tersebut sampai merata. Jika sudah merata sempurna, masukkan kedalam wadah pertama tadi yang isinya kocokan telur dan gula. Aduk hingga merata.
  3. Jika sudah, tambahkanlah minyak goreng dan air hangat. Aduk-aduk sampai adonan tercampur secara merata menggunakan whisk.
  4. Siapkan loyang dan olesi sedikit minyak goreng biar tidak lengket
  5. Tuangkan adonan kedalam loyang
  6. Kukus menggunakan panci pengukus yang airnya sudah mendidih selama 30 menit. Jangan sampai lupa tutup panci dibalut/ dialasi dengan serbet atau kain lap yang bersih agar uap air tidak masuk/jatuh ke kue
  7. Saatnya tes kematangan kue, caranya mudah cukup tusuk saja kuenya dengan lidi atau ujung sendok. Jika sudah tidak ada adonan yang ikut terbawa pada lidi atau ujung sendok, nah itu tandanya brownies sudah matang
  8. Bila sudah matang, angkat brownies dan berikan topping sesuai selera anda
  9. Brownies chocolatos kukus yang enak dan lembut siap disajikan
Ternyata sangat gampang kan resep brownies chocolatos kukus sederhana tanpa oven dan mixer nya? Tunggu apalagi, dicoba sekarang ya! Happy cooking!

An ordinary girl yang suka masak dan seneng berbagi resep masakan dan makanan enak